Apa Itu Toner Wajah?

Toner merupakan langkah kedua dari proses pembersihan. Manfaatnya, bila digunakan dengan benar, adalah dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin tersisa di wajah setelah mencuci muka. Beberapa toner dapat membantu penyerapan kulit lainnya untuk penetrasi lebih cepat. Namun, hal ini hanya berlaku untuk kulit lembap, karena kulit lembap dapat menyerap produk topikal lebih baik dari kulit kering.

Berikut adalah berbagai fungsi toner untuk kulit Anda:   

1. Menyeimbangkan pH
Toner wajah dapat membantu menyeimbangkan pH atau potensi hidrogen tingkat kulit Anda. Tingkat pH merupakan indikasi dari keasaman kulit Anda yang diukur dari skala 0 hingga 14, dengan skala 7 di tingkat yang netral. Memiliki tingkat pH yang seimbang, maka kulit Anda tidak rentan terhadap kadar minyak dan infeksi sehingga dapat menghasilkan penampilan wajah yang lebih cerah dan halus.


2. Detoksifikasi
Banyak racun yang berasal dari bahan buatan industri kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit. Toner wajah bekerja untuk menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut, dan residu kimia lainnya dari kulit Anda. Hal ini dapat membantu kulit Anda terlihat lebih cerah dan sehat. Manfaat jangka panjangnya dapat termasuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat, dan mengurangi keriput.

3. Menyusutkan dan mengencangkan pori
Pori-pori wajah yang besar memungkinkan lebih banyak kotoran, minyak, dan racun untuk memasuki kulit serta menyebabkan iritasi dan infeksi. Toner wajah dapat mengencangkan pori-pori wajah Anda, sehingga minyak dan racun yang berada dalam kulit lebih sedikit. Hal ini dapat membuat wajah lebih segar dan bersih, minyak berkurang, serta mencegah jerawat.

4. Mengatasi jerawat
Jerawat dapat menyebabkan rasa sakit dan wajah tak sedap dipandang, serta menyebabkan bekas luka pada wajah. Hal ini juga menyebabkan kulit wajah lebih berminyak dan kusam. Dengan menghapus penumpukan minyak, residu, dan sel-sel kulit mati, toner wajah membantu mengurangi jumlah noda dan jerawat pada wajah serta mencegah timbulnya jerawat. 

5. Menghidrasi dan menutrisi kulit
Toner dapat memberikan ketercukupan asupan air pada kulit Anda yang sangat penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembapan dan penampilan yang lebih muda. Hidrasi kulit yang tepat dapat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan dapat menjadikan dasar make-up yang efektif sebelum pemakaian kosmetik wajah lainnya. Banyak toner wajah yang juga menyediakan vitamin dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga kulit Anda sehat dan seimbang.

6. Menambah lapisan proteksi pada kulit
Dengan menyediakan kulit hidrasi dan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit, toner dapat memperbaiki lapisan proteksi pada kulit, sehingga kulit lebih tahan dan tidak rentan terhadap kerusakan lingkungan.

7. Meningkatkan rutinitas perawatan kulit
Hal ini tergantung pada formula toner yang Anda miliki. Berbagai formula toner dapat memiliki manfaat tertentu, seperti eucalyptus yang dapat menenangkan, asam hyaluronic dan natrium PCA yang dapat mengontrol minyak dan melembapkan, ekstrak ginseng yang dapat merangsang sirkulasi darah, witch hazel yang dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat, atau ekstrak buah elderberry yang dapat memberikan manfaat anti-oksidan. Selain itu, kulit lembap dapat lebih cepat menyerap dibandingkan kulit kering seperti yang telah dijelaskan di atas. Sehingga jika Anda ingin memaksimalkan efektivitas serum atau pelembap, pastikan untuk meraih toner terlebih dahulu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aloe Vera dan Berbagai Macam Manfaatnya

Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan Wanita

APA ITU DAY CREAM? | Dan Kegunaannya