Berbagai Macam Manfaat Daun Kelor (Moringa) untuk Kesehatan


Berbagai Macam Manfaat Daun Kelor (Moringa) untuk Kesehatan



Kelor atau merunggai adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa, ben-oil, drumstick, horseradish tree, dan malunggay di Filipina.

Nah, tahukah kamu bahwa daun kelor atau Moringa ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan?

1. Meringankan Nyeri Haid
Biasa alami nyeri hebat saat haid? Coba konsumsi jus daun kelor segar. Menurut penelitian yang dilansir Boldsky, daun kelor mengandung bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.

2. Mencegah Penyakit Kuning
Penyakit kuning bisa dicegah dengan konsumsi daun kelor secara teratur. Konsumsi daun ini akan menjadikan tubuh lebih kebal terhadap virus yang menyebabkan penyakit tersebut.

3. Mengatasi Diabetes
Kadar gula yang tidak seimbang pada penderita diabetes bisa diatasi dengan mengonsumsi daun kelor. Asam klorogenik yang terkandung di dalam daun kelor sangat baik untuk menjadikan gula darah stabil. Konsumsi setidaknya 150 mg ekstrak daun kelor secara rutin untuk mengatasi penyakit diabetes.

4. Mengatasi Penyakit Kulit
Kandungan antiseptik yang dimiliki daun kelor menjadikannya ampuh untuk membunuh bakteri. Bila kamu memiliki masalah masalah kulit seperti alergi, gatal-gatal, atau herpes, kamu bisa menggunakan masker atau kompres daun kelor untuk meringankan sensasi gatal dan pedihnya.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal
Salah satu manfaat dari daun kelor yang tak bisa diabaikan adalah membantu menjaga kesehatan ginjal. Beragam penyakit yang menyerang ginjal bisa dicegah dengan daun kelor.

7. Menjaga Kesehatan Jantung
Daun kelor bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, terutama dalam menangkal kolesterol jahat dan inflamasi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung.

8. Mencegah Kanker
Kanker bisa disebabkan karena inflamasi akut. Menurut artikel yang dilansir Healthline, penelitian membuktikan bahwa kandungan isotiosianat di dalam daun kelor akan membantu mengatasi dan mencegah inflamasi.

9. Mencukupi Kebutuhan Gizi
Secangkir daun kelor mengandung protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, vitamin A, dan magnesium. Jika dikonsumsi sebagai sayuran, makanan ini cukup untuk menambah asupan nutrisi vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

10. Menurunkan Tekanan Darah
Moringa oleifera alias kelor mengandung quercetin, antioksidan kuat yang bisa membantu menormalkan tekanan darah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aloe Vera dan Berbagai Macam Manfaatnya

Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan Wanita

APA ITU DAY CREAM? | Dan Kegunaannya